Jumat, 22 April 2011

Satpas SIM Polda Metro Jaya Rayakan Hari Kartini



JAKARTA - Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan hari Kartini tahun ini tampak lebih meriah. Buktinya, hampir semua lembaga dan instansi berlomba menampilkan berbagai kreasi dan inovasi demi mengenang sosok wanita yang dikenal sebagai pelopor emansipasi wanita tersebut.


Demikian pula perayaan hari Kartini yang di gelar Satpas SIM Polda Metro Jaya Jalan Daan Mogot KM 11, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis, [21 April 2011]. Di lokasi ini peringatan hari Kartini berlangsung meriah dan penuh khidmat. Hampir semua petugas pelayanan SIM terutama kaum wanita yang sebagian besar Polwan mengenakan pakaian kebaya berwarna warni.

Melihat keanggunan dan senyum khas para polwan, beberapa pemohon SIM tampak terkesima dengan penampilan mereka terlebih setelah mendapat souvenir berupa bunga yang sengaja dibagikan secara gratis oleh petugas Polwan.

“Ternyata Polwan toh, duh cantiknya!” Puji Ardiansyah, warga Pisangan Baru Matraman Jakarta Timur ketika dirinya mengurus SIM C baru.

Hal senada juga diungkapkan Ardiansya, Ramadhan Johari warga Tegal Alur Kalideras Jakarta Barat, dia mengaku sangat terkesan dengan penampilan para Polwan itu. “Kalau tiap hari berpakaian seperti ini rasanya tidak bosan memandangnya, anggun dan menawan. Sayang hanya sekali setahun”. Celoteh Ramadhan saat ditemui di ruang uji teori.


Tampaknya Ramadhan tidak mengetahui kalau para Polwan di Satpas SIM selalu berpenampilan lain dari biasanya. Pasalnya setiap perayaan hari besar nasional seperti hari Ibu, hari Sumpah Pemuda, hari Pahlawan, dan hari besar nasional lainnya selalu memberikan pelayanan dengan berpakaian tradisional.


Meski perhelatan hari Kartini kali ini terkesan meriah, namun tidak mengurangi efektifitas layanan terhadap pemohon SIM. Justru sebaliknya, pelayanan cepat, tepat , dan akurat semakin ditingkatkan sesuai komitmen Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Sutarman, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Royke Lumowa, dan Kasi SIM PMJ Kompol Gatot Subroto.”Kami tetap eksis dengan mengedepankan pelayanan prima hingga pemohon merasa puas dan itu sudah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi”. Ujar Kompol Gatot Subroto.


Sementara yang menarik dari perayaan hari Kartini kali ini, bukan saja terfokus pada peran kaum wanita yang menginginkan keterlibatan penuh dalam segala pembangunan di negeri ini sehingga peran serta mereka sejajar dengan kaum pria, tetapi juga partisipasi para perwira pria di Satpas SIM. Puluhan perwira turut ambil bagian dalam upaya memeriahkan hari lahirnya Kartini.

Para perwira tampak antusias dan semangat berpose di depan kamera. Mereka bergaya layaknya foto model. Aksi kocak para perwira ini juga tidak luput dari perhatian pemohon SIM. Kendati berpose lengkap dengan seragam dinas, namun tampak jelas terlihat kebersamaan dan rasa kekeluargaan mendominasi HUT Kartini kali ini. Apalagi mereka tampak akrab dan selalu tersenyum pada semua pemohon SIM. Intinya, pelayanan bersifat kekeluargaan sudah benar-benar diterapkan oleh segenap petugas Sapas SIM termasuk para perwira. [Syamsudin]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar