Kamis, 10 November 2011


Hadapi  Angka 11 – 11 – 11, Permintaaan Bunga di Rawa Belong Meningkat Stock Terbatas

MENGHADAPI angka kawin satu, yakni 11 – 11 – 11 ( Tanggal 11, bulan 11, dan tahun 2011), sejumlah kalangan menganggap, selain mudah diingat, hari maupun bulan tersebut merupakan angka yang sangkral dan spesifik. Sehingga, tidaklah heran jika hari dan bulan itu dijadikan momentum untuk memperingati berbagai acara yang dilakukan masyarakat luas.

Dampak positif dari hari yang dianggap istimewa itu, rupanya menguntungkan para pedagang grosir bunga terbesar di Asia Tenggara yakni Rawa Belong, Jakarta Barat. Apa pasal, karena menghadapi momen ini permintaan bunga kian meningkat. Pedagang pun kebanjiran order. Hal ini diungkapkan kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT), Pasar Bunga Rawa Belong, Ir. Muljadi, disela – sela kesibukannya, Kamis (9-11-11).

Permintaan bunga pada momen ini sangat meningkat, dan harga bunga meroket. Namun, lantaran kondisi cuaca yang serba tidak mendukung, stock bunga di pasar Rawa Belong jauh menurun. Akibat hujan hingga terjadi banjir, sehingga distribusi pengiriman stock bunga dari berbagai kawasan tanah air dan negara tetangga Thailand jadi  terhambat, ujarnya.

Sebagai bentuk keseriusannya dalam upaya memajukan pasar Bunga Rawa Belong kearah yang lebih baik, Muljadi giat melakukan berbagai event. Untuk menyortir kualitas bunga yang lebih bagus dan segar, misalnya, UPT melakukan lelang bunga, pada Kamis, (10/11) pagi.

Selain Lelang Bunga, Pasar Bunga Rawa Belong juga akan menggelar Festival bunga 2011 pada akhir November tahun ini. Dengan melibatkan pecinta bunga, para perangkai, penjual bunga maupun masyarakat umum se Jabodetabek. Gelar acara yang diselenggarakan di UPT Pusat Promosi dan Pemasaran Hortikultura, juga akan diisi dengan bursa tanaman hias dan bunga. Dalam hal ini, akan menampilkan aneka bunga. Sekaligus menyajikan aneka tanaman, bunga potong, sarana penunjang dekorasi/pelaminan serta rangkaian bunga.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan agenda tahunan di penghujung tahun. Utamanya dalam rangka menyambut Hari Natal dan Tahun Baru 2012. Dalam acara ini lanjut Muljadi, juga diselenggarakan lomba merangkai bunga profesional/mahir dan lomba membuat steak werk. Yang rencanannya digelar pada 28 November 2011. Lantas, lomba merangkai bunga tingkat dasar PKK.

Selain itu juga akan digelar kursus gratis merangkai bunga, pewarnaan, pengawetan bunga dan pembuatan bunga kering, kata Muljadi. Dirinya berharap, gelar acara yang akan berlangsung mulai dari tanggal 29 November hingga 1 Desember 2011 ini dapat berjalan sukses dan lancar. Dengan harapan Pasar Bunga Rawa Belong semakin dikenal dan banyak dijunjungi berbagai kalangan. Dan tentunya semoga gelar kegiatan kali ini jauh lebih meriah katimbang tahun-tahun sebelumnya, pungkasnya.[bmb/iwn]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar