Sabtu, 10 November 2012



PT Jamsostek Tingkatkan  Pelayanan

JAKARTA FPRM- PT Jamsostek (Persero) akan memperbanyak kanal-kanal distribusi pelayanan di seluruh Indonesia mulai 2013. Hal ini bertujuan untuk menjangkau sekitar 20 juta pekerja formal di perusahaan yang hingga kini belum terlindungi program jaminan sosial.

Dari total sekitar 33 juta pekerja formal secara nasional, yang aktif menjadi peserta program jaminan sosial yang diselenggarakan Jamsostek baru sekitar 11 juta orang. Sementara dari pekerja sektor informal atau perorangan masih di bawah satu juta orang, kata Direktur Kepesertaan Jamsostek Junaedi dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa (23/10).

Sisanya, sekitar 20 jutaan pekerja formal hingga kini sama sekali belum tersentuh program Jamsostek. Padahal mereka memiliki hak untuk ikut program-program Jamsostek sesuai amanat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1992, katanya.

Menurut dia, masih rendahnya kesadaran perusahaan dan pekerja terhadap pentingnya program Jamsostek menjadi salah satu kendala belum optimalnya jumlah kepesertaan di Jamsostek.
Untuk itu Jamsostek akan mengintensifkan sosialisasi program jaminan sosial dan manfaatnya serta memperbanyak kanal-kanal distribusi pelayanan di seluruh Indonesia. Di antaranya memperbanyak kantor unit layanan, selain kantor cabang. Jamsostek akan menjalin kerja sama dengan berbagai instansi untuk membuka unit-unit pelayanan bagi peserta tersebut.

Di beberapa daerah kami sudah bekerja sama dengan lembaga perbankan. Saat ini masih dijajaki kerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk memanfaatkan kantor pos sebagai unit pelayanan di daerah. Jadi akan ada gerai Jamsostek di kantor-kantor PT Pos Indonesia, tutur Junaedi.[leo bmb]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar