Sabtu, 12 Maret 2011

Gempa Jepang Terdahsyat Sepanjang 140 Tahun Terakhir


GEMPA bermagnitude 8,9 skala Richter yang mengguncang Jepang, Jumat (11/3) siang  terbesar sepanjang 140 tahun terakhir. Gempa disusul gelombang tsunami mencapai sepuluh meter menyeret mobil, rumah, dan merusak perkebunan hingga bangun
Kantor Berita Reuters melaporkan di perfektur Fukuhima seorang meninggal dunia akibat peristiwa alam. Sejumlah orang terluka juga akibat kebakaran gedung-gedung. Rangkaian gempa di timur laut Jepang terus terjadi saat ini dengan magnitude fluktuatif.

Peringatan gempa susulan dan potensi tsunami dikeluarkan untuk negara sekitar. Yaitu Filipina, Taiwan, dan Indonesia. Bangunan bertingkat di Tokyo runtuh. Kilang minyak terbakar dengan sejumlah tank di bawahnya.

“Saya ketakutan luar biasa. Tak pernah kurasakan seluar biasa ini sebelumnya,” aku Hidekatsu Hata (36) manajer restoran masakan China di areal Tokyo Akasaka. Stasiun televisi dan kantor berita menyiarkan hantaman gelombang tsunami menuju kawasan pemukiman. Sejumlah pihak menduga ini kejadian terburuk setelah sekian lama di negara yang sering dilanda gempa bumi itu. 

Dalam tragedi itu, sedikitnya 310 orang tewas dalam gempa besar berkekuatan 8,9 skala Richter yang mengguncang Jepang, Jumat, yang mengakibatkan tsunami besar di pantai Pasifik, kata polisi dan laporan pers. Badan Kepolisian Nasional Jepang mengatakan, 110 orang telah dikonfirmasi tewas dan 350 hilang, sementara 544 orang cedera dalam gempa itu. “Jumlah kematian itu belum mencakup 200-300 mayat yang (dilaporkan) ditemukan di pantai Sendai,” kata seorang juru bicara badan itu. 

Sekitar 200 hingga 300 mayat ditemukan di bagian kota pantai Pasifik Jepang Sendai yang dilanda gempa dan tsunami, menurut laporan-laporan media. Kantor berita Kyodo dan Jiji Press mengatakan, mayat-mayat itu ditemukan di daerah Wakabayashi Sendai setelah gempa bumi tersebut, yang menimbulkan tsunami besar yang menyapu kawasan pesisir. Dari korban-korban tewas itu, 34 ditemukan di daerah Iwate, dekat pusat gempa, kata kepolisian tersebut. Tiga orang tewas di Tokyo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar