Sabtu, 12 Maret 2011

Warga Cilincing Ngeluh Jalan Rusak


Warga Cilincing Ngeluh Jalan Rusak




ILUSTRASI, JALAN RUSAK
  
RMOL. Jalan yang ada di kawasan Cilincing, Jakarta Utara seperti Jalan Cakung – Cilincing, Jalan Arteri Marunda dan Jalan Cilincing Raya yang menjadi jalur ekonomi nasional kondisinya rusak parah.

Padahal jalur tersebut belum lama diperbaiki. Namun kini kembali rusak. Ini disebabkan karena banyaknya genangan setiap kali hujan. Jika hal itu tidak segera ada tindakan, dikhawatirkan akan semakin parah.

Kondisi kerusakan jalan itu terjadi mulai dari arah Utara hingga Selatan, tepatnya dari arah perempatan Tanah Merdeka ke Pintu tol Rorotan.

Begitu juga arah sebaliknya, hampir seluruh jalur tersebut ada lubang sedalam 20 sentimeter terlihat bertebaran. Di beberapa tempat terlihat jalan bergelombang, retak dan pecah.

Akibat kerusakan itu, pengguna jalan kerap menjadi korban kecelakaan. Hampir setiap hari ada saja orang terjatuh dan terluka karena terperosok ke lubang di jalan tersebut. Dari hasil pantauan, beberapa lubang terlihat di putaran Kebon Baru, di depan Volvo arah Cakung sampai SPBU Pos 4 Semper Timur.

Selain berlubang, jalan tersebut banyak yang bergelombang dan pecah-pecah, seperti di Jembatan Arteri Marunda. Kerusakan diperparah karena ada penyambung jalan dengan jembatan ambles dan retak-retak. Begitu juga di Jalan Raya Cilincing banyak lubang dan penyambung jalan yang mulai pecah-pecah.

Kerusakan yang terjadi di Jalan Cakung-Cilincing ini disebabkan oleh beberapa hal. Di antaranya, jalan itu banyak dilintasi kendaraan berat yang sarat muatan. Banyak juga dari kendaraan berat itu yang mangkal di pinggir jalan sehingga membuat beban jalan tidak merata.

Selain itu, tingginya volume kendaraan berat yang melintas di akses jalan di Cilincing sangat tinggi. Belum lagi truk-truk yang mengangkut bahan berat serta beban yang melebihi ratusan tol.

Hari Harsono, FPRM Bogor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar