Sabtu, 12 Maret 2011


Siswa PKL di DPR Kok Kelaparan Sih
Selasa, 08 Februari 2011 , 07:28:00 WIB

ILSUTRASI, SISWA PKL
  
RMOL. Di saat beragam fasilitas diberikan kepada para wakil rakyat di gedung DPR Senayan sana, ada cerita ironis.

Ini dialami enam siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 13, Jakarta Barat saat mengikuti tugas Praktek Kerja Lapangan (PKL) di gedung DPR RI. Mereka mengaku tidak mendapatkan makan dan transport. Selama satu bulan, para pelajar itu menahan lapar. Agar perut tak melilit lagi karena kelaparan, mereka terpaksa membawa bekal dari rumahnya masing-masing.

“Entah merasa kasihan saat melihat teman-teman saya lapar, ada petugas keamanan DPR yang terkadang membelikan kami nasi,” ujar salah seorang siswa yang enggan disebutkan identitasnya.

Fenomena ini sangat bertolak belakang dengan hal yang dialami para siswa yang mengikuti PKL di sebuah kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) misalnya. Mereka mendapatkan pelayanan yang layak dan tak dibiarkan kelaparan oleh pihak kantor bersangkutan.

Berbeda lagi pengalaman yang dialami para siswa SMIP di kawasan Cidodol, Kebayoran Lama, yang jauh lebih mujur. Saat mengerjakan tugas PKL-nya di instansi Administrasi Negara Jakarta, mereka mendapatkan sarana dan prasarana yang jauh lebih layak dibandingkan dengan di gedung DPR RI. Selain fasilitas makan terjamin, mereka juga masih mendapatkan uang transport Rp 150.000 hingga Rp 170.000 sebulan.

Rada aneh saja, karena terkesan begitu kurangnya perhatian pihak Sekretariat DPR RI terhadap para siswa PKL ini. Mohon menjadi perhatian. Terima kasih.

Bambang S, FPRM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar